PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SUHU, KALOR, DAN PERPINDAHAN KALOR SISWA KELAS X MIA SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2014/2015
Sari
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah salah satu
model pembelajaran kooperatif di mana siswa dibawa untuk menemukan
sendiri jawaban-jawaban dari pertanyaan yang ada pada kartu-kartu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam KBM yang paling
dominan adalah siswa menanggapi hasil presentasi kelompok siswa lain
(16,12%), siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya
(15,11%), dan siswa mempresentasikan hasil pasangan kelompok (12,92%).
Hasil lain dari penelitian ini adalah dari 36 siswa yang mengikuti tes, 27
siswa (75%) memenuhi kriteria ketuntasan sebesar ≥ 2,67 dan 9 siswa
(25%) tidak memenuhi kriteria ketuntasan. Secara klasikal pembelajaran
ini tuntas karena mampu memenuhi ketuntasan klasikal yaitu 75%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Djamarah, Syaiful Bahri& Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
Rineka Cipta, 2006.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Bumi Aksara,
Huda, Miftahul, Cooperative Learning Metode, Tekhnik, Struktur dan
Model Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2011.
Kanginan, Marthen, Fisika Untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga, 2006.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan
Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 104 Tahun 2014 tetang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik
pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Guru, Bandung: Rajawali Pers, 2011.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada, 2009.
Suharsimi, Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta,
________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi
Revisi 2010), Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:
Kencana, 2013.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.